Satgas TMMD Ke-119 Kodim Pamekasan dan DP3AP2KB Gelar Kegiatan Sosialisasi Kepesertaan Ber KB dan Stunting

    Satgas TMMD Ke-119 Kodim Pamekasan dan DP3AP2KB Gelar Kegiatan Sosialisasi Kepesertaan Ber KB dan Stunting

    PAMEKASAN - Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya kepesertaan dalam program Keluarga Berencana (KB) dan menangani stunting di Kabupaten Pamekasan, Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Kodim Pamekasan bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) menggelar kegiatan sosialisasi. Kegiatan bertajuk "Penguatan Pencatatan Pelaporan Pendampingan Ibu Hamil dan Ibu Paska Melahirkan" dilangsungkan di Aula Makodim 0826/Pamekasan pada Kamis (29/02/2024).

    Kegiatan ini menjadi bagian integral dari serangkaian program TMMD Ke-119, yang bertujuan mendukung percepatan penurunan angka stunting di wilayah tersebut. Dengan melibatkan berbagai pihak terkait, diharapkan pesan-pesan penting terkait KB dan stunting dapat disampaikan dengan efektif kepada masyarakat, sehingga kesadaran akan pentingnya kesehatan ibu dan anak semakin meningkat.

    Dansatgas TMMD Ke-119 Letkol Inf Ubaydillah dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan satu dari rangkaian kegiatan TMMD ke - 119 yang titik lokus TMMD adalah di Desa Tampojung Pregi Kecamatan Waru.

    "Program TMMD selain sasaran fisik ada juga sasaran non fisik seperti penyuluhan pertanian, bahaya narkoba, BPJS Kesehatan, sosialisasi catatan sipil dan kependudukan, sosialisasi bidang pertanahan, UMKM, KB Kes serta sosialisasi Stunting, Posyandu dan Pos Bindu PTM, " ujarnya.

    "Tujuan kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan pemahaman tentang pencegahan dan penanganan stunting dengan berupaya memberikan layanan pendampingan kepada calon Pengantin, Ibu Hamil, Ibu Pasca Persalinan, dan Balita, " lanjutnya.

    "Selain itu juga memberikan pemahaman kepada peserta tentang Keluarga Persalinan (KBPP) Berencana Pasca. Memberikan pengertian dan pemahaman kepada peserta terutama kepada remaja agar di dalam merencanakan keluarga dapat memertimbangkan berbagai aspek berkaitan dengan kehidupan keluarga, kesiapan fisik, mental, ekonomi, pendidikan, sosial, serta merencanakan jumlah anak dan jarak kelahiran, " terangnya.

    Kegiatan ini diikuti sebanyak 100 peserta, terdiri dari, Anggota Persit Kartika Candra Kirana termasuk yang lagi hamil, Putra/ Putri anggota Calon Pengantin, anggota Kodim 0826/Pamekasan, Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Timur, DP3AP2KB Kabupaten Pamekasan, Koordinator dan Penyuluh KB se Kab. Pamekasan dan Kader Tim Pendamping Keluarga.

    Hadir juga dalam kegiatan penyuluhan Komandan Kodim 0826/Pamekasan selaku Dansatgas TMMD Ke-119 Kodim 0826/Pamekasan Letkol Inf Ubaydillah, S.I.P., Ketua Persit KCK Cabang XLV Kodim 0826/Pamekasan Ny. Nuraini Ubaydillah, Narasumber dari Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Timur Ika Natalia dan dr. Tatik Sulistyowati, Sp.Og.

    pamekasan
    Makruf

    Makruf

    Artikel Sebelumnya

    Babinsa Koramil 0826/09 Pakong Lakukan Komsos...

    Artikel Berikutnya

    Antisipasi Pohon Tumbang, Peltu Didik Sofyan...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Irjen TNI Buka Perlombaan Cyber Strike dan Cyber Awareness Forum
    DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN, Perkuat Sinergi Intelijen dan Pertahanan
    Ungkap 149.400 Ekor BBL, Polda Lampung Selamatkan Kerugian Negara Rp37,3 M

    Tags